2/04/2009

Tips Cegah Virus

Ada banyak cara untuk mencegah virus masuk ke komputer kita, mulai dari yang mudah sampai yang susah.. Cara yang paling gampang, adalah dengan memasang anti virus, tapi sayangnya cara ini tidak begitu menjamin komputer kita terbebas dari virus kelas teri apa lagi yang kelas kakap. Masalahnya satu, yaitu anti virus kita harus selalu up to date (update) database-nya, supaya bisa mengenali virus baru dan tidak semua orang tahu cara mengupdate anti virusnya atau mungkin malas untuk mencari update-annya, bahkan ada yang tidak memasang antivirus pada komputernya.

Nah, selagi mencari update terbaru anti virus anda, saya akan memberikan cara sederhana yang mudah-mudahan membuat komputer anda aman dari virus (tapi ga ngejamin 100%)..

  1. Tekan tombol "SHIFT" berbarengan saat memasukkan flasdisk atau Disk ke CD ROM. Virus-virus sekarang banyak yang memanfaatkan fitur autorun yang disediakan oleh windows, inilah salah satu cara mencegah autorun tersebut dan otomatis sang virus pun tidak dapat berjalan untuk sementara waktu (sebelum di double klik virus induknya oleh user).
  2. Buatlah folder dengan salah satu huruf diantaranya menggunakan simbol(yang berbentuk seperti huruf abjad) yang ada pada ms. word. Caranya, buka Ms. Word anda, kemudian insert simbol yang diinginkan (lebih baik yang seperti abjad), copy simbolnya, lalu rename folder yang anda inginkan atau baru anda buat, paste simbol tersebut. Untuk mengecek berhasil atau tidak hasil pekerjaan anda, copy-paste file .EXE ke folder yang tadi, lalu klik 2x(open),,jika filenya tidak terbuka atau ada peringatan dari Windowsnya, maka anda telah berhasil. Tujuan membuat folder ini adalah agar virus yang berakhiran .EXE tidak bisa aktif di dalam folder tersebut.
Baru dua hal diatas yang pernah saya coba untuk mencegah virus, walaupun tidak 100% persen aman dari virus, setidaknya ada usaha untuk mencegah virus masuk. Try it out...!!

0 komentar: