2/27/2011

Tahapan Perancangan Elektronika

Dalam perancangan di bidang teknik elektronika, khususnya pembuatan rangkaian elektronika ada beberapa tahapan yaitu:

  1. Simulasi rangkaian dengan software simulasi rangkaian elektronika,
  2. Pengecekan rangkaian yang sebenarnya dengan protoboard atau breadboard,
  3. Pembuatan rangkaian yang sudah benar pada PCB.
Langkah-langkah diatas adalah langkah-langkah umum yang digunakan oleh kebanyakan pelajar atau orang-orang yang bergelut di bidang teknik elektronika dalam merancang suatu rangkaian elektronika. Dengan langkah-langkah seperti yang telah disebutkan diatas, diharapkan perancangan rangkaian elektronika akan lebih optimal dari segi perancangan dan realisasi (biaya, waktu, dan lain-lain).

Tahapan yang pertama adalah mensimulasikan rangkaian yang akan direalisasikan dengan menggunakan software simulator. Tujuannya adalah untuk mengetahui logik/keadaan rangkaian tanpa harus menyediakan komponen-komponen nyata/aslinya. Jadi, pada simulasi, komponen-komponennya seringnya dalam keadaan ideal. Ada banyak sekali jenis software simulator ini, diantaranya yang pernah penulis gunakan adalah:

  • Electronics Workbench versi 5.12
  • Circuit Maker versi 6.0 dan 2000
  • Proteus versi 7.1
Masing-masing software ini punya kelebihan dan kekurangannya yang insyaallah akan penulis bahas di tulisan selanjutnya.

Tahapan yang kedua adalah mencoba rangkaian hasil simulasi pada protoboard atau breadboard. Tujuannya adalah untuk membandingkan rangkaian bekerja sesuai dengan simulasi atau tidak (tidak harus persis). Protoboard/Breadboard adalah suatu perangkat berbahan plastik (isolator) dengan lubang-lubang untuk menempatkan kaki-kaki komponen, terdapat tembaga dibagian dalamnya dan menghubungkan komponen cukup dengan kawat/kabel tanpa harus disolder (solderless). Jadi apabila ada kesalahan pada rangkaian, maka dapat diperbaiki cukup dengan memindahkan kabel ataupun komponennya. Untuk lebih jelas, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


Sumber gambar : http://simonpstevens.com

Bahasan mengenai protoboard ini insyaallah akan dibahas lebih lanjut pada tulisan berikutnya.

Tahapan yang terakhir adalah merealisasikan rangkaian pada PCB (Printed Circuit Board) atau PRT (Papan Rangkaian Tercetak). Tentu saja, syaratnya adalah rangkaian sudah benar. PCB atau P Ada beberapa teknik dalam merancang PCB, yaitu: dengan manual (menggunakan spidol, setrika, FeCl3) dan semi otomatis (menggunakan software desain PCB, sinar ultraviolet). Software desain PCB dan teknik pembuatan PCB Insyaallah juga akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

Sumber : www.google.co.id, http://labdasar.ee.itb.ac.id/lab/EL2195/0910/modul%20praktikum/APENDIKS%20SISDIG.pdf, buku kuliah, dll.

0 komentar: